Analisis Sentimen Masyarakat Ditengah Pandemi COVID-19

Updated: Jul 27, 2020

Diskusi masyarakat tentang perlu tidaknya lockdown terus mengemuka selama beberapa hari terakhir. Menariknya, pada minggu sebelumnya, terdapat kecenderungan sebagian besar masyarakat merespon negatif isu lockdown. Sentimen itu berubah selama beberapa hari terakhir dimana masyarakat dan media massa mulai bergerak ke arah “netral”, dimana masyarakat mulai cenderung mendukung lockdown jika memang diperlukan untuk mengatasi pandemik COVID-19

Grafik 2.1 Sentimen masyarakat terkait isu lockdown


Sentimen masyarakat terkait ketersediaan sembako hingga minggu ketiga Maret 2020 masih cukup baik. Namun demikian, selama beberapa hari terakhir terdapat peningkatan sentimen negatif masyarakat terhadap sembako, serta penurunan sentimen positif terkait sembako.

Grafik 2.2 Sentimen masyarakat terkait ketersediaan sembako


Terdapat lonjakan yang sangat signifikan pada keyword “PHK” di hampir semua lini masa seperti media sosial dan situs berita online. Hal ini menunjukkan bahwa gejala peningkatan angka PHK sudah mulai dirasakan oleh masyarakat dan perlu segera direspon oleh pemerintah.



Grafik 2.3 Sentimen dan lonjakan keyword PHK

Statqo Analytics juga melakukan analisis sentimen media sosial dan situs berita online dengan keyword Jokowi. Data menunjukkan bahwa sekitar 59 persen pemberitaan dan diskusi online tentang “Jokowi”, mendapatkan sentimen negatif dari masyarakat.

Diagram 2.1 Sentimen media sosial dan situs berita online dengan keyword Jokowi



MODAL SOSIAL MASYARAKAT MENGHADAPI PANDEMIC COVID-19


Selama beberapa hari terakhir terdapat kampanye #diRumahAja yang mendapatkan banyak sentimen positif di tengah masyarakat


Diagram 3.1 Sentimen masyarakat terkait kampanye #diRumahAja


Terdapat peningkatan jumlah keyword “relawan” yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai bergerak secara swadaya untuk mendukung pemerintah maupun tenaga kesehatan untuk mengatasi pandemik COVID-19. Sebagaimana tergambar dalam tabel di bawah, hampir semua lini diskusi media online sudah dihiasi oleh beragam bantuan khususnya terkait Alat Pelindung Kesehatan (APD) bagi petugas kesehatan.

Grafik 3.1 Lonjakan keyword “Relawan”


REKOMENDASI KEBIJAKAN

  • Pemerintah perlu memberikan stimulus yang efektif untuk meredam dampak negatif COVID-19 bagi pelaku usaha dan para buruh, serta menjawab kekhawatiran masyarakat soal isu ketersediaan sembako dan peningkatan angka PHK.


Data, methodologi dan limitasi studi

Data dan methodologi yang digunakan untuk menganalisis traffic dari website atau aplikasi digital adalah berdasarkan pendekatan similarweb dengan menganalisis berbagai instrumen, diantaranya data crawling, data publik, partner eksternal, serta data panel terkait tren dari website atau aplikasi terkait. Angka diatas tidak mencerminkan angka pasti dari traffic website atau aplikasi tersebut, melainkan prediksi dengan menggunakan machine learning dan prediksi algoritma dengan teknik Bayesian. Total mentions dengan keyword tertentu didapatkan dari big data dengan metode web crawling

153 views0 comments

Recent Posts

All Data Analytics

Analisis Digital terkait Pandemi Covid-19 bagi Indonesia
Publish
Digitalisasi Antrean Untuk Mendukung Penerapan Physical Distancing Dalam Penanganan Pandemi COVID-19
Analisis Digital Terkait Sentimen Masyarakat Terhadap Tokoh Publik (Edisi Ke-4)
Show More

Informations

Our Partner

qbot

Follow Us

  • Twitter

Tel. +62-821-1316-5452

By using this site you agree that we can place cookies on your device. See our Privacy Promise and Cookie Policy for details.
©2020 Statqo. All Rights Reserved.